Sukses Dengan Strategi Pembelajaran The Power of Two
Strategi pembelajaran the power of two merupakan salah satu pembelajaran aktif atau strategi pembelajaran active learning. Strategi ini bertujuan untuk menunjukan bahwa belajar secara berpasangan akan lebih baik hasilnya jika dibandingkan belajar secara sendiri-sendiri.
Beberapa langkah menggunakan Strategi pembelajaran the power of two di dalam kelas sehingga pembelajaran pada waktu itu berjalan dengan sukses.
1. Berilah peserta didik satu atau lebih pertanyaan yang membutuhkan refleksi dan pikiran. Sebagai contoh :
Bagaimana latar belakang lahirnya pancasila ?
Mengapa pancasila ini menjadi dasar Negara Indonesia?
Mengapa kita harus membacakan pancasila ketika upacara di hari senin ?
2. Mintalah peserta didik untuk menjawab pertanyaan sendiri-sendiri
3. Setelah semua melengkapi jawabannya, bentuklah ke dalam pasangan dan mintalah mereka untuk berbagi ( sharing ) jawaban dengan yang lain.
4. Mintalah pasangan tersebut membuat jawaban baru untuk masing-masing pertanyaan dengan meperbaiki respons masing-masing individu
5. Ketika semua pasangan selesai menulis jawaban baru, bandingkan jawaban dari masing-masing pasangan ke pasangan yang lain
6. Lakukan diskusi kelas dan klarifikasi terhadap temuan-tumuan ( hasil diskusi ) masing-masing pasangan.
Nah itu cara menerapkan Strategi pembelajaran the power of two di dalam kelas semoga bermanfaat.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Beberapa langkah menggunakan Strategi pembelajaran the power of two di dalam kelas sehingga pembelajaran pada waktu itu berjalan dengan sukses.
1. Berilah peserta didik satu atau lebih pertanyaan yang membutuhkan refleksi dan pikiran. Sebagai contoh :
Bagaimana latar belakang lahirnya pancasila ?
Mengapa pancasila ini menjadi dasar Negara Indonesia?
Mengapa kita harus membacakan pancasila ketika upacara di hari senin ?
2. Mintalah peserta didik untuk menjawab pertanyaan sendiri-sendiri
3. Setelah semua melengkapi jawabannya, bentuklah ke dalam pasangan dan mintalah mereka untuk berbagi ( sharing ) jawaban dengan yang lain.
4. Mintalah pasangan tersebut membuat jawaban baru untuk masing-masing pertanyaan dengan meperbaiki respons masing-masing individu
5. Ketika semua pasangan selesai menulis jawaban baru, bandingkan jawaban dari masing-masing pasangan ke pasangan yang lain
6. Lakukan diskusi kelas dan klarifikasi terhadap temuan-tumuan ( hasil diskusi ) masing-masing pasangan.
Nah itu cara menerapkan Strategi pembelajaran the power of two di dalam kelas semoga bermanfaat.
0 Response to "Sukses Dengan Strategi Pembelajaran The Power of Two"
Post a Comment