Top Ads

Cara Mengoati Demam Pada Anak

Pernahkah anak anda mengalami demam ? demam merupakan salah satu penyakit biasa tetapi jika demam ini dibiarkan akan mengakibatkan kematian. Apalagi jika demam terkena pada buah hati kita, tentunya kita akan merasa cemas ketika demam anak kita belum juga turun.

Cara mengobati demam pada anak
Cara mengobati demam pada anak

Demam dapat diartikan naiknya suhu tubuh hingga mencapai batas normalnya. Untuk mengetahui suhu tubuh ketika anak kita demam kita dapat mengetahui dengan menggunakan alat thermometer. Alat ini bisa kita beli di apotek terdekat. Lantas berapa sih suhu normal anak ? suhu  normal raktal ( anus ) anak kurang dari 3 taun mencapai 38®C dan suhu normal pada mulut mencapai 37,5®C. sementara suhu normal anak lebih dari 3 tahun jika dilakukan pada mulut mencapai 37,2®C dan pada suhu rectal normal mencapai 37,8®C. Namun jika sudah mencapai lebih dari 41®C hal tersebut sudah termasuk kategori gawat darurat, jika masih di bawah 41®C masih dianggap tidak terlalu gawat.

Penyakit ini memang susah untuk diprediksi kedatangannya, terkadang secara tiba-tiba anak kita terjangkit demam. Namun ternyata demam ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti infeksi saluran nafas, anak kekurangan cairan dalam tubuh, dan bisa juga gangguan autoimun. Untuk dapat mengetahui anak kita terjadi demam atau tidak kita dapat melakukan pengukuran suhu tubuh anak dengan tiga cara yaitu dapat dilakukan pada mulut, ketiak dan anus.  Sementara gejala dari demam pada anak biasanya anak mengalami batuk kecil, sesak nafas bahkan juga diare atau buang air besar secara tarsus menerus.

Pengobatan dan Pencegahan

Untuk mengobati demam pada anak sebanarnya sangatlah mudah yang terpenting kita harus tenang dalam menghadapai anak kita. Jika anak memang sudah mengalami demam kita memberikan obat penurun panas ( antipiretik ). Dengan meminum obat ini diharapkan panas demam dari anak segera turun dan dapat menhilangkan rasa nyeri yang diderita anak. Selain obat turun panas anak pun dapat diberikan obat sesuai dengan jenis penyakit yang diderita anak yang menyebabkan anak menjadi deman.

Untuk melakuakn pencegahan supaya anak tidak terjadi demam, para orang tua sebaiknya menjaga kesehatan anak , menjaga pola makan sehat untuk anak dan biasakan anak mencuci tangan sehabis dan sebelum melakukan aktifitas. Semoga bermanfaat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Cara Mengoati Demam Pada Anak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel