Top Ads

Strategi Pembelajaran Debat Aktif Cocok Untuk Pembelajaran Aktif

Strategi pembelajaran debat aktif,dari namanya juga sudah terlihat jika strategi ini merupakan strategi pembelajaran aktif. Dalam strategi ini para siswa memang diminta melakukan suatu perdebatan yang secara aktif melibatkan setiap siswa dalam kelas dan bukan hanya orang-orang yang berdebat saja yang aktif dalam pembelajaran. Langsung saja mari kita pelajaran langkah langkah menggunakan strategi ini.

Langkah-langkah menggunakan strategi pembelajaran debat aktif

1. Kembangkan suatu pernyataan yang berkaitan dengan sebuah isu kontroversial yang berkaitan dengan mata pelajaran yang hendak kita ajarkan saat itu.

2. Bagilah kelas menjadi dua kelompok yakni tim kelompok pro dan tim kelompok kontra.

3. Selanjutnya, buatlah dua atau empat sub kelompok di dalam masing-masing tim debat tersebut.

4. Aturlah dua sampai empat kursi tergantung jumlah sub kelompok dalam kelas kita. Dari tiap-tiap kelompok satu orang duduk di kursi dan siswa yang lainnya duduk di belakang teman yang duduk di kursi depan.

5. Mulailah perdebatan dengan meminta para juru bicara menyampaikan pandangan-pandangan mereka.

6. Setelah setiap siswa mendengar argumen-argumen pembuka, hentikqn perdebatan itu dan gabunglah kembali ke sub kelompok masing-masing. Mintalah sub-sub kelompok membuat strategi mrngkounter argumen-argumen pembuka tersebut dari sisi yang berlawanan. Juga, suruhlah masing-masing sub-kelompok memilih seorang juru bicara.

7. Mulailah perdebatan itu. Mintalah siswa yang menjadi juru bicara duduk berhadapan dengan juru bicara dari kelompok lainnya. Ketika perdebatan berlangsung, sebaiknya siswa yang berada di belakang membantu memberikan argumen maupun bantahan ke juru bicara mereka. Dan jantan lupa berilah aplus setelah para juru bicara menyampaikan argumen maupun bantahannya.

8. Ketika dirasakan sudah cukup, akhiri perdebatan tersebut. Siswa diminta merapikan kembali tempat duduk ke tempat semula dan guru menyampaikan pemenang dari debat aktif tersebut. Setelah dinyatakan pemenangnya para siswa diminta mengidentifikasi dari hasil debat tersebut.

9. Selamat mencoba
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Strategi Pembelajaran Debat Aktif Cocok Untuk Pembelajaran Aktif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel