Top Ads

Adab-Adab Seputar Masjid Yang Harus Kita Ketahui

Adab seputar masjid yang harus kita ketahui
Adab seputar masjid

Masuk mendahulukan kaki kanan dan membaca doa dan Keluar dahulukan kaki kiri dan membaca doa

Catatan Hadits

1.  Shalat dua rakaat sebelum duduk

Apabila salah seorang diantara kalian masuk masjid, hendaknya ia shalat dua rakaat sebelum duduk ( HR. AL Bukhari no.44 )

2. Sibukan diri dengan ibadah

Sesungguhnya masjid-masjid ini tidak boleh dikencingi dan dikotori. Is tidak lain ( tempat ) tempat untuk berzikir kepada Allah Subhanahu Wata'ala, shalat dan membaca AL Qur'an ( shahih Muslim ni.285 dari Anas bin Malik RA )

3. Berdoa diantara adzan dan iqomah

Doa diantara adzan dan inilah tidak ditolak ( oleh Allah Subhanahu wata'ala ) ( shahih sunan at-Tiramisu 1/133 no 212 )

4. Di shaf depqn lebih utama

Andai manusia tahu apa yang ada pada azan dan shaf awal ( yakni keutamaannya ), lalu mereka tidak bisa mendapatkannya kecuali dengan undian, niscaya mereka akan berundi untuknya ( Muttafaqun 'alaih )

5. Jangan berteriak dan membuat aduh

Ketahuilah bahwa setiap kalian sedang bermunajat ( berbisik-bisik ) dengan Rabbnya. Maka dari itu janganlah sebagian dari kalian menyakiti yang lain dan janganlah mengeraskan bacaan atas yang lain. ( HR. Ahmad, Abu Dawud, dan AL Hakim, asy Syaikh al-Albani menyatakan shahih al-Jami )

6. Tutup bagian runcing senjata

Ada seorang laki-laki masuk masjid dengan menbawa anak panah. Nabi Shallalahu 'alaihi wasallam lalu memerintahkan orang tersebut untuk memegang bagian yang runcing dari anak panah itu ( lihat Shahih al- Bulgaria no.451 )

7. Tidak boleh berjual beli dan mengumumkan mencaru barang hilang

Apabila kamu melihat orang menjual atau membeli di masjid maka kataknlah, 'Semoga Allah tidak memberi keberuntungan dalam jual beli mu! Dan apabila kamu melihat ada orang mengeraskan suara di dalam.masjid untuk mencari barang yang hilang katakanlah, 'Semoga Allah Subhanahu Wata'ala tidak mengembalikannya kepadamu. ( Shahih Sunnah at-Tiramisu 2/63-64 no. 1321 )

8. Jangan lewat di depan orang yang shalat

Diharamkan lewat di depan orang yang shalat, yakni antara orang yang shalat dan sutrah ( pembatas ) yang dihadapannya ( lihat shahih Al-Bukhari no.510 )

9. Tetap di masjid setelah adzan

Barangaiapa yang adzan telah mendapatkannya di masjid kemudian dia keluar, ia tidak keluar karena suatu keperluan, yang ia tidak ingin kembali ( ke masjid ) maka dia munafik ( shahih sunan Ibnu Majah no.606 )

10. Jangan berjalaan melengkapi puncak orang

Duduklah kamu ! Kqmu telah menyakiti dan telah terlambat datang " ( Shahih Sunan Ibnu Majah no. 923 )

11. Membersihkan masjid dari kotoran

 Meludah  di masjid adalah suatu dosa dan kafarat ( untuk diampuninya ) adalah dengan menimbun.ludah tersebut ( Shahih Al-Bukhari no.40 )

12. Jauhi dari bau yang tidak sedap

Barang siapa memakan sayuran ini : bawang putih, bawang merah dan seledri, janganlah melewati kami di masjid-masjid kami. Sebab para malaikat terganggu dengan sesuatu yang mengganggu manusia ( HR. Muslim ).
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Adab-Adab Seputar Masjid Yang Harus Kita Ketahui"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel