Top Ads

10 Aspek Pasar dan Pemasaran

1. Bentuk pasar produsen dan pasar konsumen yang akan dipilih. Atas kajian tersebut, misalnya pasar produsen yang dipilih adalah persaingan sempurna, dan pasar konsumen yang dipilih adalah pasar industri.

2. Prakiraan perkembangan permintaan konsumen terhadap produk sejenis di masa depan. Kajiannya misalnya dilakukan dengan metode peramalan.

3. Prakiraan perkembangan penawaran produsen produk sejenis di masa depan. Kajian ini pun dapat menggunakan metode peramalan seperti pada poin 2

4. Peluang pasar yang masih tersedia dari produk sejenis di masa depan. Dengan diketahuinya volume produksi yang diterima pasar, dan diketahui pula besar pasar potensialnya, maka dapat diketahui peluang pasar yang masih tersedia.

5. Product life cycle dari produk pesaing. Penentuan PLC nya dapat dilakukan dengan misalnya pembuatan kurva, yang dapat dibuat berdasarkan penjualan produk dalam beberapa waktu tertentu 

6. Maket shere produk sejenis saat ini. Nilainya dapat diketahui dengan membandingkan volume produk perusahaan dengan total produk yang diproduksi oleh seluruh perusahaan pesaing.

7. Penentuan segmentasi, target, dan posisi produk. Berikan analisis keputusannya.

8. Sikap dan perilaku konsumen terhadap produk yang akan di produksi. Konsumen potensial perlu disurvei.

9. Kebijakan buatan pemasaran yang akan dilakukan. Kebijakan bauran pemasaran yang terdiri dari aspek place, price, promotion, dan product perlu disusun dan ditetapkan terhadap produk yang akan dipasarkan.

10. Lain-lain yang dianggap perlu.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "10 Aspek Pasar dan Pemasaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel