Top Ads

Pembelajaran Biaya Gugus Kendali Mutu

Perkembangan manajemen produksi dilakukan untuk mencari strategi yang dapat lebih meningkatkan efisiensi dan keefektifan dalam menghasilkan barang atau jasa. Salah satu teknik yang dikenal dalam hal ini adalah gugus kendali mutu atau total quality. Gugus kembali mutu merupakan teknik dalam manajemen produksi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas sekaligus.

Kegiatan gugus kendali mutu mempunyai dampak terhadap biaya produksi. Dengan kegiatan gugus kendali mutu, diharapkan perusahaan industri dapat meningkatkan hasil produksi yang bermutu baik, sehingga produk yang mutunya kurang baik aataj tidak memenuhi syarat, jumlahnya akan relatif makin lebih sedikit sehingga dengan demikian jumlah dan presentase produk yang dapat dijual dan menghasilkan pendapatan perusahaan relatif menjadi lebih besar, dengan harga relatif lebih baik. Hal ini tentunya akan menghasilkan biaya produksi per unit output menjadi lebih rendah.

Terdapat biaya produksi yang lebih rendah ini, juga disebabkan oleh peningkatan hasil produksi dalam jangka waktu atau periode tertentu, yang sering dikenal dengan peninngkatan produktifitas. Dengan peningkatan produktivitas, maka biaya tenaga terja per unit output menjadi lebih rendah, dan biaya overhead pabrik per unit output juga menjadi lebih rendah. Berdasarkan pertimbangan tersebut diatas, maka dapatlah dinyatalan bahwa kegiatan gugus kendali mutu akan meningkatkan kuallitas dan produkktivitas sekaligus,  dan ini akhirnya dapat meningkatkan efisiensi perusahaan.

Pelaksanaan kegiatan gugus kendali mutu pada. Suatu perusahaan, juga akan menimbulkan Biaya. Walaupun terdapat biaya yang timbul dari pelaksanaan kegiatan gugus kendali mutu terutama biaya tambahan bagi tenaga kerja karena adanya tambahan waktu dan tenaga dalam pengkajian dan pendiskusian permasalahan yang dihadapi, serta biaya penggunaan sarana atau fasilitas yang dibutuhkkan, tetapi sebenarnya biaya yang ditimbulkan ini relatif lebih kecil daripada penghematan yang diperoleh dari hasil gugus kendali mutu tersebut. Oleh karena peran itu peran dari gugus kendali mutu sangat membantu bagi peningkatan kemajuan usaha perusahaan, terutama dalam upaya menghasilkan peningkatan laba yang dapat menjamin lelangsungan usaha serta dapat tumbuh dan berkembangnya perusahaan tersebut. Disamping itu gugus kendali mutu juga daapat membantu peningkatan kualitas hidup.manusia yang lebih baik, di mana mash dapat mengecap produk-produk yang bermutu dengan hargayan, lebih rendah,  karena sebagian besar  inefisiensi yang terjadi dalam produksi dappat dihidari senimum mungkin
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pembelajaran Biaya Gugus Kendali Mutu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel