Langkah - Langkah Pada Tahap Persiapan Dalam Pembelajaran Tematik
Pebelajaran tematik tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa persiapan secara baik dan memadai. Persiapan pembelajaran tematik dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut
1. Menentikan Tema
Dalam menentuka tema pembelajaran, guru dapat melakukan dengan dua cara yaitu
a. Mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar masing-masing mata pelajaran yang sudah ditetapkan di dalam kurikulum, kemudian dilanjutkan dengan menetukan tema yang sesuai
b. Menetapkan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan. Untuk menentukan tema-tema keterpaduan tersebut, guru dapat bekerja sama dengan peserta didik agar tema yang dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan belajar mereka.
2. Prisnsip Penentuan Tema
Dalam menetapkan tema pembelajaran tematik, guru perlu memperhatikan beberapa prinsip seperti
a. Mempertimbangkan untuk memilih tema dari lingkungan yang terdekat dengan peserta didik
b. Memilih tema pembelajaran dari yang termudah hingga yang sulit
c. Memilih tema dari yang sederhana hingga yang kompleks
d. Menentukan tema pembelajaran dari yang konkret hingga yang abstrak
e. Memastikan bahwa tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri peserta didik
f. Memastikan bahwa ruang lingkup tema sesuai dengan usia, perkembangan kemampuan berpikir, minat, dan kebutuhan belajar peserta didik
3. Menetapkan Jaringan Tema
Dalam pembelajaran tematik, guru juga harus mempersiapkan jaringan tema. Untuk melakukan hal ini, guru perlu menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu. Dengan jaringan tema tersebut akan terlihat kaitan antar tema yang telah ditetapkan, kompetensi dasar, dan indikator dari setiap mata pelajaran. Jaringan tema itu harus dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema. Jangan sampai mengembangkan jaringan tema yang tidak bisa diselesaikan pembahasannya karena tidak sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia.
4. Penyususnan Silabus
Hasil seluruh proses yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya dijadikan dasar dalam penyusunan silabus. Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat atau sumber dan penilaian.
5. Penyusunan Rencana Pembelajaran
Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran tematik, guru perlu menyusun rencana dan pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar yang harus dimiliki peserta didik yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi
a. Identitas mata pelajaran meliputi nama mata pelajaran, kelas, semester, dan waktu atau banyaknya jam pertemuan yang ialokasikan
b. Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan
c. Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajarai peserta didik untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator
d. Strategi pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan peserta didik dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator. Kegiatan ini tertuang dalam kegiatan pembukaan.
e. Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar dan mempermudah pencapaian kompetensi dasar serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik
f. Penilaian dan tidak lanjut yang meliputi prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar peserta didik, serta tindak lanjut hasil penilaian hasil belajar peserta didik
0 Response to "Langkah - Langkah Pada Tahap Persiapan Dalam Pembelajaran Tematik"
Post a Comment