Apa Itu Segmentasi Pasar ?
Apa Itu Segmentasi Pasar ? |
Manajemen dapat melakukan pengkombinasian dari beberapa variabel untuk mendapatkan suatu cara yang paling pas dalam segmentasi pasarnya.
Beberapa aspek utama untuk mengsegmentasi pasar adalah
1. Aspek Geografis
Aspek geografis komponen-komponennya adalah bangsa, negara, propinsi, dan kabupaten atau kotamadya.
2. Aspek Demografis
Aspek demografis komponen - komponennya adalah seperti usia dan tahap daur hidup, jenis kelamin, dan pendataan
3. Aspek Psikografis
Aspek psikografis komponen - komponennya adalah seperti kelas sosial gaya hidup dan kepribadian
4. Aspek Perilaku
Pada aspek perilaku komponen - komponennya adalah seperti kesempatan, tingkat penggunaan, status kesetiaan, tahap kesiapan pembeli dan sikap
Agar segmentasi pasar dapat berguna, harus diperhatikan karakteristik seperti
1. Dapat diukur, maksudnya besar pasar dan daya beli di segmen ini dapat diukur walaupun ada beberapa komponen yang sulit diukur.
2. Dapat terjangkau, maksudnya sejauh mana segmen ini dapat secara efektif dicapai dan dilayani oleh produsen, walaupun ada kelompok pasar potensial yang sulit dijangkau.
3. Besar segmen, maksudnya berapa besar segmen yang harus dijangkau agar penjualan produk dapat menguntungkan secara signifikan.
4. Dapat dilaksanakan, maksudnya sejauh mana program yang efektif itu dapat dilaksanakan untuk mengelola segmen ini.
Aspek demografis komponen - komponennya adalah seperti usia dan tahap daur hidup, jenis kelamin, dan pendataan
3. Aspek Psikografis
Aspek psikografis komponen - komponennya adalah seperti kelas sosial gaya hidup dan kepribadian
4. Aspek Perilaku
Pada aspek perilaku komponen - komponennya adalah seperti kesempatan, tingkat penggunaan, status kesetiaan, tahap kesiapan pembeli dan sikap
Agar segmentasi pasar dapat berguna, harus diperhatikan karakteristik seperti
1. Dapat diukur, maksudnya besar pasar dan daya beli di segmen ini dapat diukur walaupun ada beberapa komponen yang sulit diukur.
2. Dapat terjangkau, maksudnya sejauh mana segmen ini dapat secara efektif dicapai dan dilayani oleh produsen, walaupun ada kelompok pasar potensial yang sulit dijangkau.
3. Besar segmen, maksudnya berapa besar segmen yang harus dijangkau agar penjualan produk dapat menguntungkan secara signifikan.
4. Dapat dilaksanakan, maksudnya sejauh mana program yang efektif itu dapat dilaksanakan untuk mengelola segmen ini.
0 Response to "Apa Itu Segmentasi Pasar ?"
Post a Comment