Menetapkan Pasar Sasaran
Menetapkan Pasar Sasaran |
Analisis dapat dilakukan dengan menelaah tiga faktor yaitu sebagai berikut
1. Ukuran dan Pertumbuhan Segmen
Pada ukuran dan pertumbuhan segmen perusahaan harus mengumpulkan dan menganalisis data tentang penjuaan terakhir, proyeksi laju pertumbuhan penjualan dan margin laba yang diharapkan untuk berbagai segmen, lalu pilih segmen yang diharapkan paling sesuai
2. Kemenarikan Struktural Segmen
Suatu segmen mungkin mempunyai ukuran dan pertumbuhan yang sesuai dengan yang diharapka, akan tetapi belum tentu harus mempelajari faktor-faktor struktural yang utama yang mempengaruhi daya tarik segmen dalam jangka panjang.
3. Sasaran dan Sumber Daya
Perusahaan harus mempertimbangkan sasaran dan sumber dayanya dalam kaitan dengan segmen pasar. Walau ada segmen yang bagus, akan tetapi dapat ditolak jika tidak prospektif dalam jangka panjang .
Selanjutnya, walau segmen itu bagus dan prospektif dalam jangka panjang, tetap harus dipertimbangkan kemampuan perusahaan dalam menyediakan sumber dayanya, misal keterampilan tenaga pelaksananya untuk masuk ke pasar itu lebih baik dari pesaingnya.
0 Response to "Menetapkan Pasar Sasaran"
Post a Comment