Top Ads

Menetapkan Pasar Sasaran

Menetapkan Pasar Sasaran
Menetapkan Pasar Sasaran
Sampai jumpa sahabat semua jika pada sebelumnya kita telah membahas pengertian dari segmentasi pasar dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas menetapkan pasa sasaran. Setelah kita mengetahui segmen pasar dan selanjutnya perusahaan perlu melakukan analisis untuk dapat memutuskan berapa segmen pasar yang akan dicakup lalu memilih segemen mana yang akan dilayani. 

Analisis dapat dilakukan dengan menelaah tiga faktor yaitu sebagai berikut

1. Ukuran dan Pertumbuhan Segmen

Pada ukuran dan pertumbuhan segmen perusahaan harus mengumpulkan dan menganalisis data tentang penjuaan terakhir, proyeksi laju pertumbuhan penjualan dan margin laba yang diharapkan untuk berbagai segmen, lalu pilih segmen yang diharapkan paling sesuai

2. Kemenarikan Struktural Segmen

Suatu segmen mungkin mempunyai ukuran dan pertumbuhan yang sesuai dengan yang diharapka, akan tetapi belum tentu harus mempelajari faktor-faktor struktural yang utama yang mempengaruhi daya tarik segmen dalam jangka panjang.

3. Sasaran dan Sumber Daya

Perusahaan harus mempertimbangkan sasaran dan sumber dayanya dalam kaitan dengan segmen pasar. Walau ada segmen yang bagus, akan tetapi dapat ditolak jika tidak prospektif dalam jangka panjang .

Selanjutnya, walau segmen itu bagus dan prospektif dalam jangka panjang, tetap harus dipertimbangkan kemampuan perusahaan dalam menyediakan sumber dayanya, misal keterampilan tenaga pelaksananya untuk masuk ke pasar itu lebih baik dari pesaingnya.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Menetapkan Pasar Sasaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel