Top Ads

Tahap - Tahap Yang Dapat Dilakukan Dalam Memilih Lokasi Suatu Pabrik

Tahap - Tahap Yang Dapat Dilakukan Dalam Memilih Lokasi Suatu Pabrik
Tahap - Tahap Yang Dapat Dilakukan Dalam Memilih Lokasi Suatu Pabrik
Sampai jumpa sahabat blog manajemen mentor yang selalu setia mengunjungi blog ini. Sebelumnya saya telah menuliskan artikel tetang penetuan lokasi suatu pabrik, dan pada kesempatan kali ini saya akan menuslkan tentang thap-tahap yang dapat dilakukan dalam memilih lokasi suatu pabrik. Semoga artikel yang telah saya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang budiman. Langsung saja ada 3 tahapan yang dapat dilakukan dalam memilih lokasi suatu pabrik yang akan didirikan yaitu :

Tahap Pertama

Melihat kemungkinan daerah-daerah mana yang dapat ditentukan sebagai daerah-daerah alternatif dengan melihat ketentuan dari pemerintah daerah setempat mengenal daerah-daerah mana yang diperkenankan untuk mendirikan pabrik tertentu. Dalam hal ini pemerintah daerah setempat perlu dihubungi untuk mendapatkan informasi kemungkinan-kemungkinan daerah yang dapat dipilih.

Yang perlu dipertimbangkan dalam tahap ini yaitu jenis proses produksi dan jenis barang hasil atau produk yang akan menentukan spesifikasi umum  dari pabrik yang berhubungan dengan buru atau tenaga kerja, pengangkutan dan sebgainya. Faktor-faktor ini semua bersama-sama dengan faktor-faktor lainnya seperti letak dari sumber bahan mentahnya dan pasar-pasar utamanya akan dipergunakan untuk menentukan alternatif daerah geografis yang dipilih untuk perusahaan atau pabrik tersebut.

Tahap Kedua

Melihat pengalaman orang lain atau pengalaman kita sendiri dalam menetukan lokasi pabrik. Dalam hal ini jenis barang hasil produksi dan proses pengerjaanya selalu akan menentukan kekhususan pabrik tersebut, seperti mengenai lokasinya, power-nya, transportasinya serta faktor-faktor lainnya yang dianggap penting. Dengan memperhatikan lokasi dari bahan-bahan mentah dan lokasi dari pasar yang terbesar, maka mungkin akan menghasilkan penetuan yang lebih baik untuk daerah lokasi bagi pabrik itu. Dalam penetuan daerah-daerah mana yang lebih baik untuk lokasi pabrik tersebut dapat digunakan beberapa metode analisis antara lain metode penilaian hasil value yang diberikan oleh daerah-daerah alternatif untuk faktor-faktor yang dianggap penting, dan metode cost comparison untuk melihat cost advantage yang terdapat di daerah yang akan dipilh.

Tahap Ketiga

Mempertimabangkan dan menilai masyarakat dari daerah-daerah yang pada tahap kedua telah dipilih untuk daerah lokasi pabrik karena dianggap paling menguntungkan. Dalam tahap ini kita dapat menetukan tempat atau daerah mana yang dapat ditetapkan sebagai tempat lokasi pabrik, walaupun tempatnya tidak maksimum atau biayanya tidak minimum, tetapi mendekati nilai maksimum atau biaya minimum. Faktor masyarakat dapat dianggap sebagai location factor yang terakhir yangpenting untuk dipertimbangkan. Penialain ini biasa dibuat dengan dasar aproksimasi atau pendekatan dan bukan hanya berdasarkan informasi atau keterangan yang benar-benar terjadi. Sebagai hasil dari penilaian terhadap masing-masing masyarakat dari masing-masing daerah alternatif, maka ada beberapa masyarakat dari daerah alternatif itu yang akan keluar atau terpilih sebagai yang terbaik. Dari kelompok masyarakat - masyarakat yang terbaik ini salah satu masyarakat atau daerah harus dipilih sebagai lokasi terakhir.

BACA JUGA

1) 4 Perencanaan Pembuatan Sebuah Pabrik
2) Penentuan Lokasi Suatu Pabrik ( Plant Location )
3) 4 Hal-hal yang Mempengaruhi Derajat Pengawasan Mutu

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Tahap - Tahap Yang Dapat Dilakukan Dalam Memilih Lokasi Suatu Pabrik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel