Top Ads

4 Komponen Profesional Dalam Manajemen Pembelajaran

4 Komponen Profesional Dalam Manajemen Pembelajaran
4 Komponen Profesional Dalam Manajemen Pembelajaran
Jabatan profesi merupakan jabatan yang membutuhkan suatu keahlian tertentu dan khusus serta butuh waktu yang lama untuk memperoleh pendidikan spesialis. Demikian juga dengan profesi guru. Seorang guru dikatakan sebagai suatu profesi dalam mendidik dan mengajar, maka dituntut memiliki suatu kecakapan tertentu. Setidaknya ada 4 pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru yang profesional antara lain

1) Guru harus mengenal semua murid yang dipercayakannya

Hal ini bukan saja mengenal wajahnya sebagai suatu kategori, misalnya si dadap, si waru, dan sebagainya, melainkan juga dituntut untuk mengetahui sifat-sifatnya, kebutuhannya, pribadinya, serta aspirasinya.

2) Guru harus memiliki kecakapan memberi bimbingan

Belajar memang salah satu bentuk bimbingan yang bersifat intelektual, selain itu guru juga dituntut untuk memberi bantuan-bantuan atau pertolongan psikologis kepada peserta didik. Artinya, guru perlu memiliki pengetahuan yang memungkinkan seorang guru mengerti tingkatan-tingkatan emosi siswa, sifat-sifat dasar anak, kebutuhan dan kecakapan-kecakapan skolastik sehingga pada akhirnya seorang guru itu mampu membangun sebuah rencana atas dasar pengetahuan dan siswa benar-benar mengalami pendidikan menyeluruh.

3) Guru harus memiliki dasar pengetahuan yang luas tentang tujuan pendidikan di Indonesia pada umumnya sesuai dengan tahap-tahap pengetahuan. Perkembangan anak senantiasa meningkat seusia dengan zaman yang mengikutinya, oleh karena itu guru di tuntut mengikuti perkembangan pendidikan dan perundangan di negerinya.

4) Guru harus memiliki pengetahuanyang bulat dan baru menenai ilmu yang dikerjakannya. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, maka pengetahuan-pengetahuan lama akan segera menjadi usaha dan tidak relavan lagi dengan tuntutan zaman. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk senantiasa belajar dan mempelajari ilmu engetahuan yang diajarkannya, sebab bila tidak diikuti oleh kegiatan penambahan ilmu pengetahuan, maka seorang guru dalam mengajar akan tidak bermanfaat lagi sesuai dengan kemajuan yang senantiasa berubah

Baca Juga
Materi PKN SD/MI
Materi SBK SD/MI
Materi IPA SD/MI
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "4 Komponen Profesional Dalam Manajemen Pembelajaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel