Top Ads

Pengertian Akutansi

Pengertian Akutansi
Pengertian Akutansi
Akutansi merupakan seni mencatat, menggolongkan dan mengikhtisarkan transaksi dan peristiwa yang paling tidak sebagian bersifat keuangan dengan suatu cara yang bermakna dan dalam satuan uang serta menginterpretasikan hasil-hasilnya.

Pada dasarnya Akutansi memiliki pengertian banyak sekali selain sebagai seni. Seperti akutansi dapat diartikan sebagai konsep informasi maupun sebagai sistem informasi. 

Sebagai konsep informasi dapat diartikan sebagai kegiatan jasa yang menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan, tentang kesatuan-kesatuan ekonomi yang dimaksudkan agar bermanfaat dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Sedangkan sebagai sistem informasi Akutansi dapat diartikan sebagai proses yang menjalin sumber informasi, saluran komunikasi dan seperangkat penerima.

Dari pengertian di atas selanjutnya dapat kita simpulkan jika pengertian Akutansi secara umum yaitu suatu seni, ilmu, sistem informasi yang didalamnya menyangkut pencatatan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran dengan cara sepatutnya dan dalam satuan uang atas transaksi dan kejadian yang setidak-tidaknya sebagian mempunyai sifat keuangan serta adanya penginterpretasian hasil pencatatan dan disajikan dalam laporan keuangan.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pengertian Akutansi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel