Top Ads

Mengenal Apa Itu Automation Pada Mesin dan Peralatan

Automation merupakan perkataan atau istilah yang baru, tetapi prinsip-prinsip automation ini telah lama dipraktekan seperti pada pabrik terigu atau gandum. Namun jika kita berbicara tentang automation, maka banyak orang akan berfikir tentang pemindahan secara mekanis bahan-bahan atau barang-barang dari suatu mesin ke mesin yang lain. Walaupun ini merupakan mekanisasi da la m pemindahan yang menggunakan transfer machines. Transfer machines ( mechanization ) adalah pemindahan yang lebih otomatis dari bahan-bahan atau parts yang sedang dikerjakan dari suatu tingkat proses ( operasi ) ke tingkat proses ( operasi ) yang lain atau dari mesin yang satu ke mesin yang lain.

Automation adalah perkataan yang berasal dari Delmar S. Harder dari Ford Motor Company untuk menyatakan suatu perpindahan yang otomatis dan terarah sifatnya dari kegiatan yang satu ke kegiatan yang lain berikutnya. 

Sementara inti konsep automation adalah adanya prinsip umpan balik ( feed back ), yaitu kemampuan dari suatu mesin untuk merasa, mengetahui dan membutuhkan kekeliruan-kekeliruan dan kesalahan-kesalahan pada waktu hall itu terjadi. Dan Prinsip inilah yang membedakan antara mechanization dengan automation. 

Jadi dari keterangan diatas dapatlah diketahui bahwa automation sebenarnya menggambarkann pemindahan bahan dalam proses atau parts dari suatu mesin ke mesin yang lain berikutnya secara otomatis yang bersifat selektif dimana ada sistem feed back.

Contoh automation banyak terdapat pada perusahaan-perusahaan atau industri-industri besar seperti terdapat pada perusahaan yang paling terkenal, yaitu Ford Motor Company's Clevoland Engine's Plant. Di sini mesin-mesin mobil dipasang, diputar, dibor dan diderek, dipindah-pindahkan,,diperiksa, dan sebagainya, semuanya dilakukan secara otomatis.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Mengenal Apa Itu Automation Pada Mesin dan Peralatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel