Top Ads

7 Cara Menghindari Bahaya Narkoba Bagi Remaja

1. Berhati-hati dalam Memilih Teman dan Pergaulan

Dalam bergaul kita harus berhati-hati karena pergaulan sangat berpengaruh terhadap perilaku kita sehari-hari. Jika kita bergaul dengan orang yang baik maka dengan sendirinya kita akan berperilaku baik. Lain halnya jika kita bergaul dengan orang yang perilakunya kurang baik, seperti perokok, pemabuk, dan pemakai narkoba. Kemungkinan besar kita akan terbawa arus dan meniru atau paling tidak mencoba hal tersebut. Pada akhirnya kita juga akan terjerumus melakukan tindakantindakan yang negatif (merokok, mabuk-mabukan, dan memakai narkoba).

2. Menjauhi Pemakai dan Pengedar Narkoba

Hal paling utama yang harus kita lakukan untuk menghindari narkoba adalah menjauhi pemakai dan pengedarnya. Jika kita dekat-dekat dengan orang-orang yang memakai narkoba, lambat laun kita pasti akan terlibat di dalamnya.

3. Menjaga Komunikasi dan Hubungan yang Baik dengan Keluarga

Keluarga adalah orang terdekat kita. Oleh karena itu, kita harus menjaga hubungan agar tetap baik. Jika kita menghadapi suatu masalah, ungkapkan dan pecahkan bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain. Bicarakan dengan ayah, ibu, atau kakak. Masalah yang kita hadapi, seberat apapun pasti akan mampu dipecahkan jika dipikirkan bersama.

4.  Mengisi Waktu Luang dengan Hal-hal Positif

Agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik, kita harus pandai-pandai mengisi waktu luang dengan hal-hal positif. Olahraga merupakan salah satu upaya untuk mengisi waktu luang yang cukup positif. Selain itu, kita juga bisa menyalurkan bakat, seperti menyanyi, menari, membaca buku-buku pengetahuan, menulis cerpen, atau melakukan hobi kita lainnya.

5.  Aktif dalam Kegiatan-kegiatan Positif

Salah satu tindakan yang dapat mengurangi keinginan untuk mencoba narkoba adalah dengan aktif mengikuti berbagai kegiatan positif, baik itu di lingkungan sekolahmaupun masyarakat. Sebagai contoh mengikuti kegiatan pramuka, PMR, OSIS, kursus, dan pencinta alam. Contoh kegiatan dalam masyarakat adalah menjadi panitia 17 Agustus atau panitia hari-hari besar keagamaan, dan aktif dalam kegiatan karang taruna.

6.  Memperdalam Pemahaman Keagamaan

Agar tidak terjerumus pada tindakan-tindakan negatif maka harus memahami ajaran agama dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jika pemahaman keagamaan baik maka dengan sendirinya akan memiliki ”benteng” yang kokoh untuk tidak terjerumus ke dalam kehidupan yang merugikan, seperti penyalahgunaan narkoba.

7. Membiasakan Diri untuk Hidup Sehat

Kebiasaan hidup sehat secara otomatis dapat mengingatkan kita bahwa narkoba dapat merusak kesehatan dan menyebabkan penyakit. Dengan begitu kita pasti menjauhi dan tidak akan pernah mencobanya. Membiasakan hidup sehat, antara lain dapat ditempuh dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi (empat sehat limasempurna). Selain itu juga dengan istirahat yang cukup dan berolahraga secara teratur

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "7 Cara Menghindari Bahaya Narkoba Bagi Remaja"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel