Top Ads

Pengertian Teknik Pengumpulan Data Dengan Observasi

Sampai jumpa sahabat manajemenmmentor, jika sebelumnya kita telah membahas tentang perbedaan observasi terstruktur dan observasi tidak terstruktur pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian pengumpulan data dengan oobservasi.

Menurut Sutrisno Hadi ( 1986 ) mengemukakan bahwa observasi merupakan suatu proses yang kompleks, suatu proses yang tersusun dari berbagai proses biologis dan spsikologis. Dua diantara yang terpenting adalah proses-proses pengamatan ingatan.

Observasi sebagai teknik pengumpulan data memiliki ciri yang spesifik bila dibandingkan dengan teknik yang lain, yaitu wawancara dan kuesioner. Kalau wawancara dan kuesioner selalu berkomunikasi dengan orang, maka observasi tidak terbatas pada orang, tetapi juga obyek-obyek alam yang lain.

Teknik pengumpulan data dengan observasi digunakan bila penelitian berkenan dengan perilaku manusia, proses kerja, gejala-gejala alam dan bila responden yang diamati tidak terlalu besar.

Dari proses pelaksanaan pengumpulan data observasi dapat dibedakan menjadi participant observasi dan non participant observasi selanjutnya dari segi instrumentasi yang digunakan, maka observasi dapat dibedakan menjadi observasi terstruktur dan tidak terstruktur.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pengertian Teknik Pengumpulan Data Dengan Observasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel